logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.066.969 •

MENJADI WIRAUSAHAWAN

image

Seperti biasa kami di komplek Bapeltan Riau setiap malam jum’at 2 minggu sekali kami melakukan Wirid yasin dirumah warga secara bergantian. Diacara tersebut biasanya setelah selesai acara Pembacaan Surat Yasin, Tahlil, Tahmid dan Do’a, ada hidangan makanan kecil. Sambil menikmati makanan kecil tersebut kami ngobrol kiri kanan mengenai persoalan-persoalan yang dianggab menarik.

Demikian juga dengan saya kebetulan disamping saya waktu itu adalah Bapak Ubaedillah, teman saya sesama Widyaiswara Pertanian yang sekarang sudah berpindah tugas menjadi salah seorang staf Badan Kordinasi Penyuluhan Pertanian Propinsi Riau.

Pembicaraan  kami menyangkut persoalan keberanian dalam berusaha. Kebetulan teman saya ini baru saja mengikuti Pelatihan Cara Gila Jadi Pengusaha (Purdi E Chandra).

Dia mengatakan “ Mengapa kita banyak yang gagal bahkan takut berusaha”  …… hal ini salah satu penyebabnya adalah kita sejak kecil terlalu disibukkan dengan perhitungan-perhitungan yang dihasilkan oleh otak kiri. Padahal untuk menjadi seorang Pengusaha  yang harus difungsikan adalah otak kanan.

Otak kanan berfungsi dalam berkreasi, mengambil inisiatif, intuisi dan lain-lain. Sedangkan otak kiri menyangkut  persoalan yang berhubungan dengan analisis, matematis, dan urutan-urutan logis lainnya. Sehingga orang yang asyik menggunakan otak kiri selalu gagal dalam memulai usaha, karena terlalu banyak perhitungan. Sedangkan orang yang menggunakan otak kanan, melihat peluang kalau berdasarkan intuisi dan perasaannya sesuai maka dia langsung action.

Oleh sebab itu maka kita harus selalu menggunakan otak kanan, bukan otak kiri, Ini berarti yang perlu adalah bagaimana kita dapat membaca peluang, menangkapnya , dan melaksanakannya. Selanjutnya perhitungan-perhitungan kita lakukan selanjutnya.

Terakhir beliau mengatakan bahwa Bila kita menggunakan otak kanan maka otak kiri akan mengikuti. Tapi bila kita menggunakan otak kiri maka otak kanan akan tertinggal.

Akhirnya sampailah kami kepada pembicaraan-pembicaraan yang menyangkut personal-personal yang berhasil di dunia usaha tidaklah memiliki kemampuan akademis yang baik seperti Purdi E Chandra (drop out UGM), Bill Gate juga tidak lulus sarjana, Andri Wongso juga bukan sarjana. Namun mereka banyak memanfaatkan para lulusan sarjana terbaik untuk membantu usahanya. Makanya kata rekan saya tersebut kalau ada seseorang dengan nilai IPK > 3 maka orang tersebut tidak mungkin jadi pengusaha, melainkan jadi karyawan apakah itu Pegawai Negeri, Manajer,  karyawan dll.

  Akhirnya pertemuan Yasinan ditutup  dan kami kembali kerumah masing-masing.  Sayapun mulai berpikir-pikir tentang diskusi kami……………… untuk ACTION NOW….

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+6+5

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved