logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 816.641 •

BAGAIMANA BERBICARA DIHADAPAN PUBLIK ?

Nazaruddin Margolang, S.IP.,M.Si. Salam Pemberdayaan… Dengan pendidikan yang tinggi, dengan pengalaman kita yang membanggakan di lingkungan kita, tidak menutup kemungkinan suatu saat kita ingin membaginya dengan orang lain. Boleh jadi pendidikan dan pengalaman kita itu sangat baik, namun karena kemampuan kita untuk menyampaikannya di hadapan publik tidak baik, besar kemungkinan orang lain tidak akan berminat untuk mendengarkannya, yang pada akhirnya apa yang kita sampaikan tidak di dengarnya dan tidak diperhatikan.

Di sisi lain kita melihat orang lain dengan sedikit pendidikan dan pengalaman di banding yang kita pikir kita miliki, bila berbicara di depan publik semua orang menaruh perhatian yang serius, menunjukkan minat dan bersemangat mendengarkannya. Hal ini menunjukkan bahwa disamping penguasaan materi yang diberikan ada hal lain yang perlu kita kuasai agar kita dapat berbicara dengan baik di hadapan public.

Menurut Muhammad Mailiki, dalam Presentasenya pada “Public Speaker For Dakwah” di Masjid Agung Annur, Pekanbaru Tahun 2016 mengemukakan setidaknya ada 12 Langkah yang harus kita lakukan bila kita menjadi pembicara dihadapan public/banyak orang yaitu :

1. Salam, berilah salam untuk mengawali pembicaraan kita

2. Pujian, dilakukan dengan membaca Alhamdulillah.. dst, Selawat dan salam kepada Rosulullah.

3. Sapa, Sapalah audience kita untuk menunjukkan perhatian kita terhadap mereka

4. Grabbing, adalah semacam appersepsi yang ditujukan untuk memfokuskan audience, menarik focus audience dan membuat audience senang kepada kita. Di upayakan Grabbing yang dipilih disesuaikan dengan materi yang diberikan. Grabbing ini adalah (pilih salah satu) 1) Story/History, menyampaikan cerita-cerita yang menarik yang ada kaitannya dengan materi yang akan kita berikan 2) Tampilkan Video yang ada hubungannya dengan materi 3) membuat Joke/Bercanda, pastikan yang disampaikann lucu untuk kita dan untuk audience, jangan lucu untuk kita sakit untuk orang lain 4) menyampaikan Berita yang menarik 5) membuat Yel-Yel 6) memainkan Sulap/magician atau dapat pula menyampaikan Puisi atau pantun.

5. Purpose, Sampaikan tujuan kita berkumpul untuk membicarakan apa, apa yang akan diperoleh dalam materi yang akan diberikan.

6. Comitment, Buatlah komitmen, semacam janji selama penyajian kita berlangsung, contohnya tidak menggunakan HP diruangan, menjawab telepon di luar atau yang lainnya.

7. Materi, Sampaikan materi dengan jelas (untuk memantapkan materi yang akan kita berikan maka rajinlah belajar, rajinlah membaca, rajinlah ikut seminar, dan rajinlah melakukan diskusi dengan orang lain.

8. Grabbing, selingi materi dengan grabbing seperti pada point 4

9. Conclusing, Buatlah kesimpullan yang berfungsi sebagai penegasan caranya dengan memberikan pertanyaan langsung kepada peserta, atau peserta dipersilakan menyimpulkanmenurut kata-katanya sendiri.

10. Penghargaan, berilah penghargaan bagi peserta yang telah aktif bertanya, memberi kesimpulan, termasuk penghargaan atas kehadiran dalam acara yang diikuti, bila memungkinkan juga penghargaan kepada panitia pelaksana.

11. Do’a, do’akanlah agar peserta sehat-walaafiat dan memiliki kemampuan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari, dan dapat bertemu di lain waktu

12. Salam, ucapkanlah salam sebagai penutup pembicaraan kita.

Bagaimana kita mengaplikasikan ke 12 langkah tersebut. Sebagai pembicara public pemula disarankan membuat Naskahnya, Skripnya atau teksnya. Selanjutnya lakukanlah latihan-latihan sebelum tampil di halaman public.

Semoga bermanfaat !!!


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+1+9

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved