logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.340.790 •

BAGAIMANA KEMAMPUAN BAHASA ANDA ?

image

Tadi malam di rumah seorang sahabat lama saya Ridwan yang sedang mengadakan satu acara,  Allah SWT. mempertemukan saya dengan seorang Guru/Dosen. Hal ini terjadi karena saya duduk berdampingan dengannya.

Diawali dengan basa-basi dimana tempat tinggal, bekerja dimana dan seterusnya, maka didapatlah informasi bahwa yang duduk disamping kanan saya itu adalah seorang penggiat pendidikan yang baru saja pindah dari Jakarta karena mendapat tugas di Kota Pekanbaru.

Yang menarik dari basa basi kami adalah ketika di ujung acara hajatan sambil menikmati makan malam yang disediakan. Sampailah kami pada diskusi yang menjadi keresahan sahabat baru saya tersebut yaitu berkaitan dengan kemampuan anak-anak kita.

Dari pengamatannya anak-anak kita sekarang ini banyak yang kurang fokus dalam menuntut ilmu dengan berbagai alasannya, sehingga tidak dapat menghasilkan nilai yang ditargetkan oleh sekolah. Apalagi berharap anak-anak kita dapat mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia kesehariannya. Itu jauh dari harapan kita

Lalu dimana letak kesalahannya….. ?

Yang mengejutkan saya adalah pendapat teman baru saya itu,  Katanya : sesungguhnya rendahnya nilai rata-rata anak kita, banyak disebabkan oleh KEMAMPUAN BAHASANYA YANG LEMAH. Anak-anak kita sulit memahami kalimat-kalimat yang panjang dan memiliki kemampuan yang rendah dalam menyusun kalimat, sehingga pemahamannya terhadap apa yang dijelaskan oleh guru sangat rendah. Memahami kalimat-kalimat tunggal saja terkadang anak-anak kita sulit apa lagi memahami kalimat-kalimat majemuk. Padahal… katanya : Kita melakukan analisas terhadap sesuatu dari kumpulan-kumpulan kalimat. Bagaimana kita dapat memahami dan menganalisa sesuatu bila kemampuan bahasa kita lemah.

Hal ini dapat kita amati dalam keseharian kita anak-anak kita jarang menyampaikan kalimat-kalimat yang panjang. Contohnya bila ia dihadapkan pada tugas komputer misalnya (ternyata sahabat baru saya ini bidangnya berkaitan dengan Komputer), anak biasanya akan bertanya “Pak ini koq nggak bisa” atau Pak ini koq nggak jalan” Dia tidak dapat menjelaskan dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan kemampuannya dalam menganalisa apanya yang tidak jalan.

Lebih jauh lagi cobalah kita perhatikan anak-anak kita, biasanya mereka enggan mendengar kalimat-kalimat kita yang panjang kalau memberi instruksi, sehingga kita pun terkadang terbawa arus untuk memberi instruksi-instruksi pendek tanpa menjelaskan apa maksudnya.

Sehingga anak-anak kita selalu menjawab juga dengan jawaban-jawaban singkat, Iya… Tidak ….atau paling palinglah jawabannya… Iya nanti …. Nggak bisa….  

Mungkin kita dengan cepat akan memprotes bahwa anak saya tidak begitu… kalaulah iya… cobalah nanti bila sampai dirumah uji komunikasi dengan anak anda menggunakan kalimat yang relatip panjang. Apakah anak kita akan mendengar dengan nyaman …?

Atau :

Dia bersungut-sungut mendengarkan ?

Ataukah dia tetap dengan keasyikannya, bermain HP, berjalan menjauh dari anda ?

Atau dia mendengar anda selesai berbicara lalu berbicara tapi topiknya tidak sama dengan anda ?

Atau dia mendengar dengan tekun lalu… ketika ditanya paham maksud Ayah/Papa … dia diam .. dan dengan perlahan geleng-geleng…. Atau dengan cepat menjawa “TIDAK”

Heheheheh…….

Diluar itu semua ……… jangan-jangan kita sendiripun belum mampu menyusun kalimat-kalimat yang dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain, atau kita malas mendengar penjelasan orang lain yang terlalu panjang.

Marilah kita coba analisa DIRI KITA, ISTRI KITA…. ANAK-ANAK KITA… Apakah kemampuan kita berbahasa sudah cukup baik.

Kalau tidak… Mulailah BANYAK MEMBACA …. BANYAK MENULIS …. BANYAK MENDENGAR …. BANYAK BICARA YANG MENJELASKAN, BUKAN SEKEDAR MEMINTA ATAU MEMBERI INSTRUKSI….

Terima kasih, Semoga bermanfaat, SAMPAI JUMPA LAGI SAHABAT BARUKU


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+1+1

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved