logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.803.436 •

Mengenal Konsep Wilayah

image

Kita sering mendengar dalam pembahasan perencanaan orang menyebut-nyebut wilayah. Apa sih sesungguhnya yang dimaksud dengan wilayah tersebut. Menurut Adisasmita, H. Rahardjo, 2005 mengemukakan bahwa konsep wilayah atau region mempunyai 3 macam pengertian, yaitu Wilayah homogen (homogeneous regon), wilayah polarisasi (polarization region) atau wilayah nodal (nodal region) , wilayah perencanaan (planning region) atau wilayah program (programming region). Secara ringkas pengertian dari konsep wilayah tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut :

1. Wilayah Homogen :

Suatu konsep yang menganggab bahwa wilayah-wilayah geografis dapat dikaitkan bersama-sama menjadi sebuah wilayah tunggal apabila wilayah-wilayah tersebut mempunyai karakteristik yang serupa. Ciri-ciri tersebut dapat bersifat ekonomi (struktur produksinya hampir sama, atau pola konsumsinya homogen atau Tingkat pendapatan per kapita) dapat pula bersifat geografis (keadaan topografi, atau klimnya serupa), dapat pula bersifat social atau politis (kepribadian masyarakat yang khas), sehingga dapat dengan mudah dibedakan dengan karakteristik wilayah-wilayah lainnya.

 2. Wilayah Nodal (Pusat)

Wilayah nodal (pusat) atau wilayah polarisasi (berkutub) terdiri dari satuan-satuan wilayah yang heterogen. Misalnya distribusi penduduk yang terkonsentrasi pada tempat tertentu akan mengakibatkan lahirnya kota besar, kota madya, dan kota kecil. Lalulintas jalan raya nasional memperlihatkan tingkat polarisasi yang lebih rapi dibanding kota yang tidak dilalui jalan raya nasional.

3. Wilayah Perencanaan

Wilayah Perencanaan atau wilayah program, sangat penting bila dikaitkan dengan masalah kebijaksanaan wilayah. Pada tingkat nasional atau wilayah, tata ruang perencanaan oleh penguasa nasional, wilayah difungsikan sebagai alat untuk mencapai sasaran pembangunan yang telah ditetapkan. Pembagian wilayah perencanaan disusun berdasarkan pada analisis kegiatan pembangunan sektoral yang terlokalisasi pada satuan lingkungan geografis. Wilayah perencanaan merupakan suatu wilayah pengembangan dimana program pembangunan dilaksanakan. Dalam hal ini yang penting diperhatikan adalah persoalan koordinasi dan desentralisasi pembangunan wilayah dapat ditingkatkan dan dikembangkan.

Sumber : Adisasmita, H. Rahardjo, 2005, Dasar-Dasar Ekonomi Wilayah, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.


1 Komentar
image

Mon, 16 Oct 2017 @11:47

pia

Mantap


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+3+1

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved