logo
Ingat Latihan Ingat Pak Margolang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)

0761 8442 843


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 104 613 5438
an. Nazaruddin Margolang
BRI Syariah

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

Komentar Pengunjung
image

Polling :

 

WEB MATIC FRIEND

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

TANINDO RIAU

Pentingnya Penjaminan Keamanan Dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)

image

Oleh : Ir. Asikin Chalifah. 2020. Pada hari Kamis tanggal 27 Februari tahun 2020 yang lalu merupakan pertemuan pertama Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) DIY untuk menetapkan dan memberikan nomor pendaftaran (registrasi) Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) PD pada pelaku usaha pertanian yang jauh sebelumnya telah mengajukan permohonan pendaftaran PSAT PD untuk komoditas wijen, kacang hijau dan beras organik. Setelah dilakukan pemaparan oleh salah satu tenaga fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) dan pencermatan oleh Tim Teknis OKKPD DIY terhadap persyaratan administrasi dan teknis dari hasil peninjauan lapangan serta hasil analisa laboratorium untuk mengetahui kandungan residu pestisida dan logam berat, ketiga komoditas pertanian tersebut dinyatakan belum lolos untuk  memperoleh nomor pendaftaran PSAT PD karena harus dilakukan perbaikan terhadap temuan-temuan ketidaksesuaian dan pengujian ulang sampel di laboratorium yang terakreditasi.

Sejauh ini terutama ketika terlibat di kepengurusan berbagai asosiasi UMKM, pelaku UMKM terutama yang bergerak di sektor pangan dan pertanian terlihat belum sepenuhnya memahami tentang manfaat dan prosedur yang terkait dengan penjaminan keamanan dan mutu pangan terutama untuk pangan segar asal tumbuhan.Tidak hanya untuk pangan segar asal tumbuhan saja, penjaminan keamanan dan mutu pangan juga dilakukan untuk pangan siap saji yang pembinaan dan pengawasannya dilakukan oleh SOD yang membidangi kesehatan serta pangan olahan yang dikemas, tepung-tepungan dan simplisia yang pembinaan dan pengawasannya dilakukan oleh BPOM. Penjaminan keamanan dan mutu pangan sangat penting dilakukan oleh UMKM agar produk-produk pertanian yang dihasilkan itu bisa bermutu dan terbebas dari adanya cemaran biologis, kimiawi dan benda-benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi (PP Nomor 86 tahun 2019 tentang Keamanan Pangan). Terlebih di era maraknya kesadaran akan gaya hidup sehat yang menyeruak di tengah-tengah masyarakat, tuntutan konsumen terhadap  produk-produk pertanian yang aman dan bermutu semakin meningkat dengan harapan masyarakat dapat hidup lebih sehat, aktif dan produktip. Pangan yang tidak aman untuk dikonsumsi karena mengandung residu pestisida dan logam berat yang melebihi batas maksimum residu (BMR) sangat berbahaya karena bersifat karsinogen yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kanker dan kerusakan pada organ vital.

Penentuan penjaminan keamanan PSAT sesuai dokumen sistem mutu (DOKSISTU) yang telah ditetapkan secara umum merujuk pada Permentan Nomor 53 tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan dan berbagai  pedoman pelaksanaan yang ditetapkan oleh unit kerja terkait (BKP) di Kementerian Pertanian RI. Penjaminan keamanan PSAT berkemas dan berlabel meliputi sertifikasi PRIMA, sertifikasi kesehatan (health certificate), pendaftaran PD, pendaftaran PD-UK, pendaftaran PL dan rumah pengemasan (production house) untuk komoditas sayuran, buah, biji-bijian dan rempah-rempah yang di produksi di dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri (impor). Pengajuan penjaminan keamanan PSAT dilakukan di OKKPP Kementerian Pertanian RI, OKKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota (PD-UK). Untuk pendaftaran PSAT PD-UK di Kabupaten/Kota diprioritaskan untuk pelaku usaha pertanian mikro dan kecil yang pemberlakuannya baru akan dimulai pada tahun 2021. Secara umum penjaminan keamanan PSAT bisa dalam bentuk sertifikasi untuk yang bersifat voluntary dan pendaftaran untuk yang bersifat mandatory. Penjaminan keamanan PSAT dikecualikan untuk PSAT yang dibungkus dalam keamasan eceran dihadapan pembeli dan untuk bantuan kemanusiaan serta kegiatan penelitian.  Sedangkan untuk penjaminan mutu PSAT diantaranya adalah dalam bentuk seperti sistem pertanian organik, sistem jaminan varietas dan mutu produk yang penetapannya dilakukan oleh kelembagaan sertifikasi produk sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Durasi waktu yang dibutuhkan untuk penetapan jaminan keamanan pangan segar asal tumbuhan dari sejak pengajuan permohonan hingga pemberian nomor pendaftaran PSAT membutuhkan waktu paling lama dua bulan. Pengajuan permohonan bisa dilakukan secara off line dan on line di OKKPP Kementerian Pertanin RI  dan OKKPD setempat. Penjaminan keamanan dan mutu pangan segar asal tumbuhan berlaku 3-5 tahun tergantung dari jenis penjaminan keamanan dan mutu PSAT. Perpanjangan dapat dilakukan oleh pengusaha pertanian setidaknya 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa berlakunya penjaminan keamanan dan mutu PSAT. Untuk kepentingan ekspor, selain sertifikat kesehatan negara tujuan atau buyer juga seringkali membutuhkan sertifikat sanitory phytosanitory (SPS).

KASONGAN, Bantul, 27 Februari 2020

Asikin CHALIFAH

Tim Teknis OKKPD DIY

Rumah Literasi (RULIT) WASKITA BREBES

Fri, 13 Mar 2020 @11:46


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 Yayasan BAKAT (Pengembangan Masyarakat) · All Rights Reserved