logo
Ingat Latihan Ingat Pak Margolang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)

0761 8442 843


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 104 613 5438
an. Nazaruddin Margolang
BRI Syariah

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

google.com, pub-3763421887377259, DIRECT, f08c47fec0942fa0

image

Polling :

 

WEB MATIC FRIEND

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

TANINDO RIAU

google.com, pub-3763421887377259, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kategori Tulisan

5 Level Leadership

image

5 Levels Leadership

     Hari ini saya membaca salah satu pesan di Group WA Alumni UT Riau yang di forwarded oleh Ketua IKA UT Wilayah Riau Bapak Yusrizal. Isi pesan diberi judul 5 Level Leadership, dan judul itu menarik bagi saya sehingga saya baca sampai akhir.

Isi pesan itu diawali dengan sebuah pertanyaan "Pak, kok ada pimpinan di tempat saya tidak seperti pemimpin sih?", yang dijawab dengan kalimat : Batin saya, "Jangan perfectsionist hidup di dunia ini dengan berasumsi bahwa semua pimpinan baik. Pasti ada pimpinan yang baik dan buruk. Itulah kehidupan." Bila anda ingin melihat video inspirasi tentang kepemimpinan kunjungi channel Pengembangan Masyarakat Pak MArgolang

       Selanjutnya pesan WA tersebut mengemukakan pendapat dari Maxwell yang menjelaskan bahwa Ternyata, ada pimpinan yang baik dan buruk. Maxwell mengemukakan dengan tingkat-tingkat kepemimpinan yang terbagi menjadi 5, yakni position, permission, production, people development, dan personhood.

Berikut penjelasan dari masing-masing level kepemimpinan tersebut :

  1. Level satu, Position merupakan tingkatan kepemimpinan yang paling rendah, yakni seorang yang diangkat menjadi pemimpin karena hak atau surat keputusan. Pengikutnya atau bawahannya mengikuti karena tidak ada pilihan lain. Meskipun position tingkatan paling rendah, tetapi posisi ini baik sebagai awal untuk mencapai tingkat kepemimpinan kedua apabila seseorang mau mengasah dan melatih kepemimpinan.
  2. Level kedua, permission merupakan tingkat kepemimpinan di mana pengikut atau bawahan kita sudah menikmati dan menginginkan Anda sebagai pemimpin. Mereka memberi energi lebih kepada Anda karena hubungan ( relatonship) yang baik antara pemimpin dan yang dipimpin. Relationship yang baik ini karena pemimpin mendengarkan, mengamati, dan melayani para pengikutnya sehingga bawahan kita senang. Bawahan senang, tetapi bagaimana dengan organisasi? Tidak, karena pemimpin tersebut belum memiliki outcome atau memberi manfaat bagi organisasi.
  3. Level ketiga, yakni production.  Pemimpin pada level production bukan pemimpin yang hanya menjalankan mekanisme atau rutinitas belaka, tetapi Ia menjadi suri tauladan dan menciptakan kekuatan momentum seperti kepemimpinan yang adaptif ( Adaptive leadership).
  4. Level keempat, people development Ini sama dengan salah satu keterampilan yang ada di servant leadership yakni The commitment to growth of people, yakni mengembangkan pengikut Anda  sedemikian rupa sehingga mereka akan memiliki  kualitas yang sama atau lebih dari Anda dalam hal kepemimpinan. Dengan demikian kaderisasi tidak akan terputus.
  5. Level kelima, yakni personhood yakni kepemimpinan yang sangat sedikit dimiliki oleh seorang pemimpin. Personhood merupakan kepemimpinan di mana ketika pemimpin tersebut sudah tidak menjabat atau meninggal, maka inspirasi - inspirasinya selalu diingat dan menjadi contoh para pengikutnya karena respect terhadap pemimpin tersebut.

      Di bagian akhir pesan tersebut mengajak bagi kita yang sedang memimpin, untuk menanyakan diri sendiri berada di level manakah kepemimpinan kita. Berada dimanakah level kepemimpinan kita ?   Apakah kita berada di Position, Permission, Production, People Developtment, atau Personhood ? Apabila hati nurani kita mengatakan bahwa kita berada pada di level Position, jangan berkecil hati, teruslah mengasah dan melatih kepemimpinan kita dengan terus belajar dan praktek yang terencana karena kepemimpinan dapat tumbuh.

     Semoga ini menyadarkan kita untuk selalu meningkatkan level kepemimpinan kita. Terima kasih

Fri, 24 Apr 2020 @09:53


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 Yayasan BAKAT (Pengembangan Masyarakat) · All Rights Reserved