logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.803.436 •

Bagaimana Merobah Idea yang Abstrak Menjadi Sesuatu Yang Nyata

Dalam hidup ini kebergunaan seseorang adalah karena memiliki pemikiran/idea. Hal tersebut mudah dipahami karena tanpa pemikiran/ide maka kita tidak jauh berbeda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya yang diberi nama binatang. So sudah pasti keberhargaan dan kebergunaan seseorang adalah karena kemampuannya memberikan ide demi kemaslahatan ummat manusia atau untuk memecahkan permasalahan hidup dan kehidupan ini, tak perduli itu kecil atau besar, sederhana atau rumit.
Nah....Bila suatu idea telah dicetuskan, disetting dan diupayakan untuk diaplikasikan dengan berbagai petunjuk dan pedomannya, maka keterampilan makhluk yang bernama manusia tersebut selanjutnya dituntut pula memiliki kemampuan lain dengan menggunakan pemikirannya untuk menjalankan ide tersebut sehingga terwujud.
Untuk mewujudkan suatu ide yang telah di justifikasi, membutuhkan kemampuan lain yang disebut kemampuan merealissikan ide tersebut.
Kemampuan merealisassikan ide disebut dengan kemampuan mengelola berbagai sumberdaya yang ada untuk memfasilitasi keberwujudan ide tersebut. Kata lainnya adalah bagaimana mengelola atau memanage.
Di dunia ini bila dua orang bertemu : seorang yang memiliki idea, dan seoarang yang dapat mewujudkan idea, maka sudah dipastikan hidup ini akan menjadi suatu tempat yang menyenangkan. Apa lagi ada orang ketiga yang mampu mempertahankan agar idea tersebut langgeng, lalu ada pula orang keempat yang dapat mengupayakan agar idea tersebut dapat dikenal orang  (promosi), terakhir yang kelima ada pula orang yang  mampu menilai keberhasilan idea tersebut sehingga selanjutnya si pencipta idea (orang pertama) dapat pula memodifikasi dan merubahnya menjadi idea yang lebih besar lagi....... wah.... itulah kesempurnaan yang dicita-citakan.
Dalam persoalan mewujudkan idea atau kata lainnya mengelola atau mamanage secara teoritis kita harus melakukan fungsi manajemen yang minimal ada 4 hal yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, dan Pengawasan itu menurut George Terry (POAC: Planning, Organizing, actuiting dan Controlling).
Apa sih yang direncanakan, apa sih yang organisir, apasih yang digerakkan, dan apasih yang diawasi.... jawabnya adalah merupakan sumber manajemen yang meliputi ; 1. Manusia, 2 Uang, 3. Materi, 4. Metoda, 5. Mesin, 6. Sasaran, 7. Waktu atau lebih kerennya disebut dengan 7 M (Man, Money, Material, Methode, Mechine, Market, and Minute).
Jadi dalam hal mengelola dan mewujudkan ide maka haruslah dilakukan dengan melaksanakan minimal 4 Fungsi manajemen tersebut terhadap 7 sumber manajemen tersebut diatas.
Bila seorang pelaksana/pewujud ide tidak mampu untuk melaksanakan Fungsi manajemen (POAC) tersebut untuk memanfaatkan sumber manajemen (7M) yang ada maka sulit diprediksi keberhasilan suatu kegiatan yang bersumber dari idea tadi.
Dalam melaksanakan fungsi manajemen (POAC) kuncinya yang menjadi syarat untuk berhasil adalah DISIPLIN, tanpa kedisiplinan yang baik semua kemampuan di atas tidak akan berguna. Bahkan tanpa disiplin yang baik akan mengakibatkan stress yang berkepanjangan bagi pelaksana atau bagi orang berfungsi sebagai pemimpin di kegiatan tersebut.
Apakah itu disiplin, secara sederhana disiplin itu adalah melaksanakan sesuatu tepat waktu dan sesuai caranya. Atau bahasa lainnya adalah "melaksanakan sesuatu  yang seharusnya dilakukan sama ada kita suka atau tidak suka. Statemen terakhir ini lebih paas kita resapi dalam penerapan suatu disiplin.
Oleh sebab itu darimanakah kita memulai suatu kegiatan agar dapat berhasil..... yah mulailah dari yang terakhir dijelaskan di atas yaitu D I S I P L I N ....  semoga bermanfaat...!!!

Pertemuan TPL Tanggal 2 maret 2010 di Bangkinang


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+9+3

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved