logo
Selamat Datang
image

Community Development

0811767894


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

Komentar Pengunjung
  • pandu
    mw tanyak maz yokks harga...
  • abdul basit
    assalamualaikum.....boleh...
  • admin
    Dari Pemerintah Provinsi...
  • meydhi
    Ekonomi merupakan ilmu so...
  • admin
    Jangan hanya tetap fokus....

Keterampilan Dasar Seorang Pendamping

image

Sumber : http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1968248-keterampilan-dasar-seorang-pendamping/

 

Beberapa keterampilan yang perlu dimiliki semua orang yang berperan sebagai pendamping masyarakat, walaupun dari spesialisasi yang berbeda. Hal-hal di bawah ini tidak hanya berlaku untuk pendampingan teknis, antara lain:

  1. Seorang pendamping harus menguasai aturan main , tugas pendamping, dan filosofi proyek yang dibantu. Dia mampu dan siap menerangkan hal tersebut kepada masyarakat dan stakeholder lain. Pendamping harus mampu membimbing masyarakat dan memberi nasihat, karena inilah merupakan tugas harian pokok.
  2. Mampu membimbing berarti mampu memberi umpan balik yang mudah diterima, tanpa menyinggung perasaan. Kadang-kadang dia juga harus melatih masyarakat, sesuai dengan metode melatih orang dewasa.
  3. Berkaitan dengan pelatihan dan pemberian penjelasan kepada masyarakat dan stakeholder, pendamping harus mampu membuat presentasi yang menarik dan akurat , serta menyiapkan demonstrasi atau membuat contoh.
  4. Dalam pelaksanaan tugas, seorang pendamping sering memimpin rapat. Hal ini akan terjadi, walaupun diharapkan rapat dipimpin oleh wakil masyarakat, karena pendamping harus memberi contoh bagaimana memimpin rapat secara efektif .
  5. Suatu tugas yang sangat penting adalah mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah , karena keterampilan ini rata-rata belum dimiliki masyarakat. Dengan latar belakang yang berbeda, dan dengan dimiliki ilmu dalam bidang tertentu, seorang pendamping mungkin dengan mudah dapat mengidentifikasi masalah yang belum diketahui oleh masyarakat. Dan dia dapat mengantisipasi masalah yang mungkin akan muncul, sehingga masyarakat siap mengatasi masalah tersebut. Untuk mengidentifikasi masalah, pendamping juga harus cukup peka membaca situasi.
  6. Pendamping akan membantu masyarakat mecahkan masalah yang dihadapi. Penyelesaian masalah dan pencarian solusi yang kreatif akan lebih mudah apabila pendamping mampu melakukan “Berpikir ke Samping,” yaitu berpikir di luar jalur logika untuk mencari solusi yang betul-betul baru. Teknik BKS dapat dipelajari oleh pendamping, bahkan dapat dialihkan kepada masyarakat agar semua lebih berani mencari solusi yang “aneh.” Tetapi pendamping juga cukup menguasai teknik memecahkan masalah secara logis dan sistematis , seperti dengan menggunakan teknik SWOT.
  7. Tugas pendamping akan lebih mudah apabila dapat melakukan analisis secara matematik, walaupun sederhana. Semua pendamping dapat menggunakan metode statistik untuk melakukan analisis sederhana , atau untuk mencari masalah atau kelemahan atau suatu kecenderungan.
  8. Pendamping bukan manajer, akan tetapi sering melakukan tugas manajemen. Dari pandangan masyarakat, pendamping sama dengan manajer. Apalagi harus menyiapkan masyarakat untuk melakukan hal-hal manajerial. Pendamping menampilkan pengertian dasar manajemen. Satu aspek manajemen yang akan timbul adalah “team building,” karena pekerjaan di masyarakat seringkali adalah pekerjaan tim – tim pelaksanaan, tim monitoring, tim penyusun proposal, tim pemeliharaan, dan tim-tim kerja. Bagaimana cara membuat tim yang kompak dan efektif ? Hal ini harus disampaikan kepada masyarakat dengan memberi umpan balik positif dan negatif secara periodik.
  9. Bagian dari pekerjaan seorang pendamping adalah penulisan laporan . Laporan tidak hanya merupakan beban – pendamping yang melihat laporan sebagai beban akan ditiru oleh masyarakat. Padahal laporan yang dibuat dengan baik membawa banyak manfaat bagi penulis laporan. Penulisan laporan memaksakan diri memikirkan permasalahan dan rekomendasi. Laporan yang baik juga lebih diperhatikan oleh pembaca, dan mengakibatkan bantuan ditambah. Pembuatan laporan akurat juga membantu masyarakat mengendalikan proses kegiatan. Kadang-kadang pembuatan laporan dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Kalau pendamping menguasai beberapa program (word processing dan spreadsheet paling sedikit), laporan dapat ditulis dengan lebih cepat dan menarik. Keterampilan komputer juga dapat dimanfaatkan dalam perencanaan dan pemantauan.
  10. Keterampilan dalam penggunaan alat foto juga merupakan keterampilan yang bisa membantu seorang pendamping dalam pelaksanaan tugasnya. Foto bisa menggambarkan keadaan dengan jauh lebih mudah, asal foto tersebut diambil sesuai dengan prinsip pengambilan foto, termasuk hal fokus, komposisi, pengaturan cahaya, dan seleksi obyek yang difoto.
  11. Satu keterampilan lain yang akan bermanfaat untuk semua pendamping adalah keterampilan untuk membuat pembukuan yang sederhana . Banyak kegiatan didukung biaya, dan biaya tersebut selalu harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat maupun kepada pemberi dana. Pendamping tidak harus menjadi akuntan, tetapi harus mengerti catatan penerimaan dan pengeluaran, perhitungan saldo, dan bagaimana bukti yang sah.
  12. Untuk orang teknis, pembuatan dan pembacaan peta barangkali hal yang biasa, tetapi keterampilan ini sebaiknya dimiliki semua pendamping. Penggunaan peta mempunyai manfaat banyak sekali, dan pembuatan peta dapat dipelajari pula oleh orang buta huruf. Dengan adanya peta, banyak pola akan lebih mudah dilihat, dan lebih banyak pertanyaan akan muncul.
  13. Pengaturan waktu adalah keterampilan yang perlu dimiliki semua pendamping. Waktu adalah komoditas yang cukup mahal di lapangan. Pendamping harus berada di banyak tempat, sehingga sayang sekali bila tidak bisa mengatur waktu untuk memaksimalkan kesempatan untuk ketemu dengan masyarakat dan timnya.
  14. Keterampilan terakhir yang harus dimiliki semua pendamping adalah kemampuan menerapkan pembangunan berwawasan lingkungan . Pendamping harus memberi contoh yang baik, bagaimana masyarakat harus berpikir terhadap lingkungan di sekitarnya, serta mengatasi masalah dampak lingkungan yang timbul. Masyarakat akan meniru pendamping – peduli atau tidak.

 


1 Komentar
image

Sun, 12 Dec 2010 @12:41

Yulizar

mantap izin di kopy.
Admin say : dipersilakan, semoga bermanfaat


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+9+1

Copyright © 2014 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved