logo
Selamat Datang
image

Community Development

0811767894


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

Komentar Pengunjung
  • pandu
    mw tanyak maz yokks harga...
  • abdul basit
    assalamualaikum.....boleh...
  • admin
    Dari Pemerintah Provinsi...
  • meydhi
    Ekonomi merupakan ilmu so...
  • admin
    Jangan hanya tetap fokus....

KAKEK & NENEK LAKSANAKAN PESANTREN KILAT UNTUK CUCU-CUCUNYA

image

Bulan Puasa, Bulan Ramadhan, Bulan yang ada libur panjangnya,  Bulan yang ada Ngabu Buritnya, Bul;an yang ada Buka Barengnya, Bulan yang diujungnya ada Hari Raya, ada Pulang Kampung, ada Pulang Mudik, ada salam-salaman dan ada Takbiran Keliling Kampung.

Dari segi agama Islam Ramadhan adalah bulan suci, bulan penuh ampunan dan bulan penuh berkah, bulan yang juga sangat dinanti para muslim dimana pun berada karena dalam bulan ini juga segala amalan berlipat ganda . Selain itu masih ada lagi, yaitu malam lailatul qadar apabila menjadi hamba Allah yang paling terbaik.

Pada Bulan Ramadahn Umat Islam diwajibkan berpuasa sebagaimana yang diperintahkan Allah dalam QS. Albaqarah ayat 183 : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Puasa … semua juga sudah tahu bahwa Puasa adalah menahan diri segala makan dan minum, puasa juga menahan segala amarah dan kesabaran. Sangat banyak manfaat yang dirasakan pada saat berpuasa karena selain dapat merasakan apa yang dialami oleh orang yang tidak mampu pada saat mereka tidak dapat makan dan minum juga dapat menyehatkan tubuh.

Banyak para muslim yang tidak meninggalkan aktivitas pada bulan ini. Salah satunya dengan mengadakan aktivitas pesantren kilat yang bukan hanya dilakukan oleh sekolah -sekolah tapi juga oleh organisasi-organisasi masyarakat lainnya .

Pesantren kilat adalah melakukan aktivitas pesantren yang berkisar 3 sampai 7 hari agar dapat membuat para santrinya merasakan aktivitas yang mengandung amalan -amalan ibadah selama kegiatan berlangsung . Kegiatan ini b iasanya di ikutti oleh anak sekolah dalam rangka mengisi liburan .

Lalu ada sepasang Kakek dan Nenek, memanfaatkan momen Ramadhan dengan melaksanakan Pesantren Kilat khusus untuk cucunya yang sangat dicintainya.

Tujuan Kakek dan Nenek dari Medan ini adalah menginginkan seluruh cucunya dapat menimba ilmu pengetahuan dan mengerjakan amal ibadah selama berada di dekatnya sembari mengekspresikan rasa kasih saying dan meningkatkan tali persaudaraan diantara cucunya. Kakek dan nenek tersebut adalah H. Pandapotan Nasution, SH ,   Pensiunan PNS Walikota dan anggota DPR RI , dan   Hj. Chadidjah Dalimunthe, SH, M.Hum , Pensiunan Dosen Fakultas Hukum USU, Fakultas Pasca sarjana USU dan dosen Magister kenotariatan USU.

Sudah barang tentu cucu-cucu yang mengikuti kegiatan Pondok Pesantren ini sangat bervariasi umur dan tigkat pendidikannya, ya… mulai dari tingkat SD sampai SMA   yang jumlahnya sebanyak 12 orang , Cucu-cucu  tercinta tersebut datang dari berbagai daerah di Sumatera Utara yaitu dari Binjai, Medan dan Padang Sidempuan .

            Pesaantren kilat ini dilaksanakan     di Vila lokasi Green H ill Sibolangit Sumatera Utara selama 3 hari yaitu dari Tangal     15 Agustus sampai 17 Agustus 2010.      

Untuk membimbing kegiatan   Pesantren kilat tersebut, pasang an kakek dan nenek tersebut mengundang   ustad z dan ustadzah secara khusus dan dilaksanakan di tempat yang khusus pula. Ustadz yang membimbing para cucunya Kakek dan Nenek tersebut adalah : 1. Azhar Margolang , S.Ag dan 2. Zahriyah Simargolang S.E.I, S.Pd.I , Kedua nya pernah merasakan hidup di pesantren ( Azhar Margolang 6 tahun sekolah dipesantren dan Zahriyah Simargolang 1 tahun mengajar di pesantren ) .

Kegiatan Pesantren Kilat ini dilakukan dengan menerapkan pola hidup pesantren , yang sudah barang tentu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan cucu -cucu Kakek Nenek tersebut .

Agar kegiatan tidak terlalu kaku dan membosankan materi dikombinasikan  dengan pengetahuan umum yang menyangkut kecerdasan majemuk .   Kombinasi materi ini membuat   para cucu Kakek dan Nenek tersebut senang dan bersemangat karena mereka juga dilatih untuk mengembangkan potensi yang mereka punya. Strategi pembelajaran juga divariasikan baik metoda dan manajemen kelasnya, ada di dalam vila dan   ada pula diluar vila. Media pembelajaran yang digunakan juga bervariasi dan relatip lengkap seperti layaknya di dalam Kelas Pembelajaran . Untuk meningkatkan dinamika Kelas dilakukan pula pemilihan ketua baik untuk pria maupun wanita

Selama pelaksanaan Pesantren kilat, 3 hari cucu-cucu Kakek dan Nenek ini dapat disiplin melaksanakan shalat 5 waktu dengan berjamaah, makan dan minum bersama sehingga terlihat keakraban.

Di akhir kegiatan Pesantren Kilat dilakukan penilaian dan Kakek dan Nenek tersebut memberikan hadiah kepada para cucu yang   memiliki prestasi selama kegiatan berlangsung, Penilaian dilakukan menyangkut keahlian dalam kepemimpinan, ber dakwah, keteladanan, kerajinan, kesabaran dan kepatuhan.

Penilaian dilakukan objektif sehingga tidak semua cucu yang mendapat hadiah , namun karena penilaian dilakukan dengan serius dan benar maka semua cucu menerima hasil penilaian dengan kesadaran dan keikhlasan, meskipun tidak mendapat hadiah.

Demikianlah sekilas infoormasi kegiatan pesantren kilat yang dilakukan Kakek dan Nenek sebagai salah satu upaya memanfaatkan momen Ramadhan sebagai bulan berlatih bagi cucunya . Semoga apa yang dilakukan mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT, dan sesuai janji Allah bagi hambanya yang dapatmelaksanakan amalan di Bulan Ramadhan dengan baik akan mendapatkan hadiah Taqwa dari Allah.

Selamat untuk Kakek dan Nenek yang telah berbuat sesuatu yang sangat berharga untuk cucunya, Semoga Allah membalas apa yang telah dilakukan tersebut. Untuk cucu-cucu bersyukurlah memiliki Kakek dan Nenek yang mencintai dan peduli dengan kamu, jarang kita jumpai Kakek dan Nenek yang memiliki saying yang demikian, semogalah kamu semua menjadi cucu-cucunya yang bertaqwa kepada Allah dan menjadi insan berguna dan pemimpin bangsa ini yang bijaksana.

 


1 Komentar
image

Tue, 16 Nov 2010 @11:37

handout

terima kasih banyak sudah berbagi,.
moga sukses selalu.
jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
<a href="http://blog.unand.ac.id/kreatif/"> click this </a>


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+4+2

Copyright © 2014 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved