logo
Ingat Latihan Ingat Pak Margolang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)

0761 8442 843


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

Komentar Pengunjung

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp  3.289.140

Mengenal Nenas Mundam

image

Budidaya Nenas di Lahan Gambut

Mundam merupakan salah satu Kelurahan di Kota Dumai Tepatnya di Kecamatan Medang Kampai. Informasi dari Pengurus Kelompoki Tani  luas lahan di Kelurahan ini adalah 95 Km persegi.

75 % dari jumlah penduduk berusahatani Nenas dengan luas tanaman Nenas   300 – 400 Ada 4 Kelompok Tani di Kelurahan ini dan 2 Kelompok Petani Kecil (KPK). 

Nama Kelompok Tani  adalah :

a.    Kelompok Tani Subur Jaya

b.    Kelompok Tani AlBerkah

c.    Kelompok Tani Karya Tani

d.    Kelompok Tani Tunas Harapan

Setiap hari ada panen Nenas untuk di konsumsi local, dan 3 kali seminggu di pasarkan di Batam dengan jumlah pengiriman minimal 4.000 gandeng nenas (8.000 buah).

Budidaya Nenas yang dilakukan petani adalah sebagai berikut :

Persiapan Lahan :

Lahan sebelum ditanam dilakukan penebasan. Dibiarkan terlebih dahulu setelah mulai tumbuh gulma baru dilakukan penyemprotan dengan herbisida, lalu lahan siap untuk ditanami Nenas.

 Persiapan Bahan Tanam

Bahan tanam berasal dari  Nanak Sepit dan Anak Buah. Anak Sepit adalah anakan Nenas, sedangkan anak buah adalah mahkota buah nenas. Bahan tanaman setelah dipisahkan dari induk maupun buahnya dibiarkan atau dilayukan terlebih dahulu selama lebih kurang 5 - 7 hari.

Bahan Tanam/Bibit diperjualbelikan dengan harga Rp. 150/buah. Pengangkutan Bibit dilakukan dengan menggunakan Goni Plastik yang dapat diisi bibit sebanyak 250 – 300 batang.

 Penanaman

Penanaman dilakukan dengan alat tugal, bibit ditanamkan dipastikan bagian bawah tanaman bersingggungan dengan bahan gambut tidak menggantung.

Bibit/Bahan tanaman sebelum di tanaman bagian bawahnya yang keras dipotong dengan pisau tajam. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Jarak Tanam antar barisan 1 Depa atau lebih kurang 1,5 meter. Jarak yang lebar dimaksudkan agar memudahkan dalam pemeliharaan terutama penyiangan, sedangkan jarak dalam barisan antara 30 – 50 cm.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan sesuai dengan perkembangan Gulma. Alat yang digunakan adalah parang dengan cara menebas gulma dan mencabut gulma yang berdekatan dengan pohon nenas. Untuk itu ujung daun nenas untuk memudahkan mencabut gulma yang terdapat berdekatan dengan batang nenas. Setelah selesai penebasan gulma bila gulma mulai tumbuh lagi dilakukan penyemprotan dengan menggunakan herbisida. (Gromoxon 1 ltr + Tepung Ali 1bks   dengan dosis   2 tutup/tangki)

Penyemprotan gulma dilakukan dengan cara berhati-hati agar tidak mengenai tanaman nenas.

 Pemupukan

Pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada umur 3 bulan, 7 bulan dan 9 bulan. Pemupukan yang dilakukan adalah dengan menggunakan pupuk Urea dan KCl.

Pada umur 3 Bulan setelah tanam : Urea 2 Kg + Kcl 1 kg dicairkan dalam air ember besar [ 12 Liter/1 Gelas campuran]  Dari campuran cairan tersebut setiap 600 ml [kaleng sarden] digunakan untuk memupuk 7 - 8 pohon atau 1 tekong (Kaleng Susu Kental Manis) untuk 2 - 3 pohon dengan cara disiramkan kepada tanaman.

Pada umur 7 Bulan setelah tanam : Urea 3 Kg + KCL 2 Kg dengan perlakuan yang sama.

Pada umur 9 Bulan stelah tanam diberi lagi dengan dosis sama dengan pada saat umur 3 Bulan atau 7 Bulan di atas dengan melihat perkembangan tanaman.

Pada umur 9 Bulan 15 Hari di beri perangsang (Scorpion) 0,25 butir per pohon atau Perangsang (Anaa)   0,5 butir /pohon [Bahan Aktif perangsang = Alpha naphthyl acetic acid]

 Panen

Nenas akan dipanen 4 Bulan 10 hari setelah pemberian tablet perangsang. Bila di ukur dari umur tanaman maka panen pertama pada umur 1 tahun, panen selanjutnya pada umur 7 - 8 bln

Sumber Informasi Lapangan : 1. Rudi (PPL), 2. Ismail (Ketua Gapoktan), 3.    Atan (Ketua kelompok Tani)

Sun, 6 Mar 2011 @20:30


3 Komentar
image

Tue, 12 Apr 2011 @09:07

Frankie

Kewl you shuodl come up with that. Excellent!

image

Thu, 18 Feb 2016 @22:18

Herdiantonainggo

Berapa jarak penyiraman pupuk dari tanaman,dan bisa nggak berlahan di bukit timah bergabung ke kelompok tani yg ada di mundam

image

Tue, 23 Feb 2016 @12:51

admin

Siramkan saja disekitar leher tanaman. untuk Kelompok tani biasanya dibentuk berdaasarkan hamparan, untuklebih jelasnya hubungi saja Penyuluh Pertanian Lapangan setempat.... Salam sukses


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved