logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.803.436 •

Bersama Pak Gito Sang Pemimpin Kelompok Tani

image

Memasuki Blitar Selatan yang dikenal dengan daerah lahan kering, Peserta Diklat Training of Master Trainer (TOMT) Kedele di BBPP Ketindan. Berhenti di salah satu desa yang bernama Binangun, terletak di posisi dalam GPS  : S 08 derajat, 13.281’ dan  E 112 derajat,  20.178’ dari informasi masyarakat yang ditemui Wilayah Administratif desa ini adalah Kecamatan Binangun.

Bertemu dengan Ketua Kelompok Tani Karya Tani disini memang cukup menginspirasi untuk pengembangan usaha pertanian. Bapak Sugito itulah nama Sang Pemimpin Kelompok Tani, yang sekaligus merupakan Penakar Benih Kedelai yang biasa mendapatkan benih dengan Label Ungu dari BBI Palawija Singosari, Malang.

Yang menarik dari Usahatani yang dilakukan petani adalah usahatni dengan Pola Tumpang Sari. Dalam setahun lahan hanya diolah sekali saja dengan dapat menghasilkan 3 komoditas yaitu Kedele, Jagung dan Cabai Kecil.

Rumah Pak Gito, Luar Biasa Usaha yang dilakukan oleh Pak Gito dan kawan-kawan ini cukup berhasil sehingga banyak mendapat sorotan dari pihak luar termasuk Kelompok Tani ini pernah bekerja sama dengan JICA,   Informasi Pak Gito pendamping dari Jepang dalam kegiatannya pernah berekspresi keheranan ( LEGEG) dengan keberhasilan usahatani disini…….koq bisa ya… demikian uangkapnya.

Siklus usaha di wilayah ini dalam setahunnya berakhir setelah kemarau panjang dimana tanaman terakhir telah mulai mati karena kekeringan.

Dengan demikian maka kegiatan diawali pada musim kemarau dimana tidak ada tanaman yang dapat tumbuh di lahan. Saat itu lahan dibersihkan dan ditaburi pupuk kandang ayam sebanyak 100 s.d. 150 karung per 40 Are (Satu karung pupuk kandang beratnya lebih kurang 60 Kg).

Setelah hujan mulai turun (sekitar bulan Oktober – Nopember) maka dilakukan penanaman jagung dengan Jarak Tanam 40 X 80 cm, pada saat itu juga dilakukan pembibitan Cabe Kecil.  Setelah Jagung berumur   40 – 50 hari maka cabe dipindahkan disela-sela Jagung dengan jarak tanam 25 X 80 cm. Sedangkan Kedelai ditanam saat umur Jagung 90 – 100 hari dengan jarak tanam 20 – 30 cm X 80 cm.

Tanaman dipelihara sampai panen dengan melakukan kunjungan wajib ke lahan minimal seminggu sekali. Kegiatan ini dilakukan untuk memantau serangan Hama dan Penyakit.

Pengendalian Hama setelah Jagung di panen dilakukan penyemprotan setiap 5 hari sekali.

Pemupukan menggunakan SP36 150 Kg/Ha, ZA 50 Kg/Ha dan NPK 20 Kg/Ha. Pupuk diberikan dengan cara ditugal.

Tentunnya yang lebih dahulu panen adalah Jagung dengan produktivitas 6 – 7 Ton per Ha. Setelah itu Panen Kedelai dengan harga jual Rp. 5.200,-/Kg. Lalu tanaman terakhir yang tinggal adalah Cabe Kecil yang dapat dipanen berulang-ulang. Saat kunjungan harga Cabe per Kg adalah Rp. 33.000,-

Panen Kedelai terus dilakukan sampai tanaman mati dengan sendirinya, bahkan sampai kering, sehingga batang Cabe Kecil tersebut pun laku dijual untuk kayu bakar. Lalu usaha yang baru dimulai lagi  untuk musim hujan selanjutnya, demikian terus berulang-ulang. (Malang April 2011)

Plang Kelompok Tani, binaan Penyluh

 

 


4 Komentar
image

Sat, 16 Apr 2011 @10:29

hasan

selamat kepada kelompok tani karya, semoga sukses selalu, mudah2an bisa menjadi inspirasi untuk teman teman petani lainnya, amiinn

image

Mon, 18 Apr 2011 @18:50

ishlahuddin

wah,,,saya senang bangetsss pak ngeliat foto petaninya memakai pengeras suara!(klo anggota2nya yang jauh bisa dengar)

lengkap x pak posi2nya?bapak punya gps ya?

image

Wed, 20 Apr 2011 @21:12

Pak Margolang

Untuk Hasan dan Islahuddin, terima kasih komentarnya, (Islahuddin) ya ... posisi di lihat di GPS

image

Fri, 13 May 2011 @17:58

Devi

Kemaren nanya ngak pak, apa motivasi kelompok tani dan anggotanya
Biar diadopsi ke kelompok binaan devi pak


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+7+7

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved