logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)

0761 8442 843


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 2.264.579 •

Teknik Mendinamisasikan Kelompok

image

Ke lima variable tersebut adalah Perasaan, Interaksi, Kepemimpinan, Aturan dan Tujuan yang disingkat dengan PIKAT. Kelompok/organisasi dapat solid dan produktif bila ke lima aspek terbut dapat dilaksanakan dengan baik. Kekurangan di satu aspek dapat mempengaruhi dinamisasi kelompok. Dengan kata lain pula bila kelompok kurang atau tidak kompak dan tidak produktif maka yang harus diperiksa dalam kelompok tersebut adalah ke lima hal tersebut.

Ke lima variable tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.    Perasaan :

Bila kita bertemu dengan orang lain dalam hidup kita, kita selalu berpikir bahwa kita bertemu dengan manusia-manusia yang berpikir/logis. Hal itu benar namun kita tidak boleh lupa bahwa manusia yang kita temui juga manusia yang memiliki hati dan perasaan. Kenyataannya bila seseorang bertemu dengan orang lain dia akan lebih mendahulukan penilaian perasaannya dari pada mencari aturan logis dari orang yang ditemuinya.

Oleh sebab itu maka bila kita bertemu dengan orang lain dalam kelompok kita, hal yang harus kita ingat adalah mendekatinya dengan memperhatikan perasaannya. Ungkapkanlah pernyataan-pernyataan yang menggambarkan perasaan, dari pada mengemukakan hal-hal yang sifatnya logis.

Pertanyaannya dalam kelompok : sudahkan dalam kelompok semua anggotanya dapat menghargai dan memahami perasaan anggota yang lainnya ?

2.    Interaksi

Dengan interaksi kita dapat mengenal orang lain menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Semakin sering  interaksi  kita semakin kenallah kita dengan orang tersebut, dan semakin mudah pula kita dalam menyatakan pendapat atau mengemukakan perasaan.

Dengan demikian jumlah dan mutu interaksi menjadi sangat  penting dalam kelompok. Usahakan menjalin interaksi sebanyak mungkin. Dalam kelompok ini dilakukan dengan melakukan pertemuan-pertemuan bulanan, mingguan atau mungkin  harian.

Pertanyaannya dalam kelompok : seberapa besar atau seringkah interaksi yang telah dilakukan oleh kelompok ?

3.    Kepemimpinan

Kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam kelompok, hal ini perlu agar arah kelompok tidak centang perenang. Dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien karena ada orang yang mengarahkannya.

Yang perlu diingat kepemimpinan bukanlah hanya yang di depan tetapi juga yang ditengah ataupun yang dibelakang. Ini berarti bahwa kepemimpinan harus dilaksanakan bukan hanya oleh pemimpin tapi juga oleh pengikut. Makanya kepemimpinan ini mengandung arti Kepemimpinan dan Kepengikutan. Bukan berarti semua orang  harus member komando, tetapi juga perlu ketaatan atas system kepemimpinan, instruksi harus diberikan lalu dilaksanakan. Siapa yang memberi instruksi dialah pemimpin , siapa yang mengikuti perintah dialah pengikut. Sipengikut dan si pemberi perintah dikatakan menerapkan konsep kepemimpinan dengan baik bila mereka melaksanakan apa yang menjadi perannya. Itulah yang dimaksud Kepemimpinan dalam Dinamisasi Kelompok.

Pertanyaannya dalam kelompok : adakah kepemimpinan diakui oleh kelompok, sehingga ada arahan yang diberikan dan diikuti oleh kelompok ?

4.    Aturan

Agar organisasi/Kelompok berjalan dengan baik untuk mencapai suatu tujuan maka perlu ditetapkan aturan. Aturan yang dibuat dapat berupa aturan tertulis maupun tidak tertulis. Hal yang paling perlu diingat adalah dalam organisasi/kelompok selalu ada aturan, untuk itu menjadi kewajiban setiap anggotanya untuk mempelajari dan mentaatai aturan-aturan kelompok baik yang tertulis maupun tidak. Hal ini sangat penting agar ianya dapat diterima dengan baik dalam kelompoknya.

Pertanyaannya dalam Kelompok : Adakah aturan yang disepakati dan diikuti secara baik oleh anggota kelompok?

5.    Tujuan

Hal  yang  tidak kalah  pentingnya lagi adalah tujuan. Kelompok yang solid/kompak dan produktif/memberikan hasil  niscaya memiliki tujuan yang jelas. Kejelasan tujuan akan mempengaruhi aktifitas organisasi dan partisipasi anggotanya. Tujuan ini haruslah dipahami oleh setiap anggota, bila perlu dibicarakan dan didiskusikan lalu ditetapkan secara bersama-sama.

Baik tidaknya tujuan, bermanfaat atau tidaknya tujuan bagi setiap anggota akan berpengaruh pada kemauan dan kekuatan partisipasi setiap anggota kelompok.

Pertannyaannya dalam Kelompok : Apa tujuan kelompok dan apakah semua anggota menyetujui dan berkemauan kuat untuk mencapainya ?

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved