logo
Ingat Latihan Ingat Pak Margolang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)

0761 8442 843


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

Komentar Pengunjung

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp  3.289.140

Pestisida Hayati / Ramuan Hayati Untuk Hama dan Penyakit

Pada  Tanggal 19 s.d. 21 Juni 2009 saya mendapat tugas ke Bukittinggi, Sumatera Barat dalam rangka membimbing Peserta bimbingan Teknis Petugas dalam Rangka Penanganan Organismne Pengganggu Tumbuhan (POPT).  Selama perjalanan tersebut banyak informasi yang  diperoleh diantaranya Cara membuat Ramuan Hayati sebagai pengganti pestisida kimiawi.

Materi ini disampaikan oleh seorang yang menurut saya sangat profesiopnal dan menguasai dibidangnya yaitu Bapak Indra Yuli yang lebih dikenal dengan Mr. Bon (Petugas Laboratorium Hama Penyakit dan Pengembangan Agen Hayati Bukittinggi).

Penjelasannya memang sangat sederhana, hal ini dimaksudkan agar mudah dipahami, sebab informasi yang diberikannya memang untuk konsumsi orang lapangan dan atau petani.

Inilah cara membuatnya :

Ramuan Hayati untuk Hama :

Bahannya : 1. Daun Pinang/Daun Surian, 2. Daun Sirsak/Daun Pepaya, 3. Sicerek/Sidukung anak/Brotowali, 4. Jariangau, 5. Serai Wangi/Lagundi/Bawang Perai. Masing-masing sebanyak 1 Kg.

Cara membuatnya : semua bahan diiris-iris kecil lalu diblender atau ditumbuk, lalu dimasukkan ke dalam  wadah yang berukuran 10 Liter, lalu ditambah  garam sebanyak 2 genggam. Setelah itu wadah diisi air sampai penuh.

Bahan tambahan lain boleh ditambahkan yaitu Urine 1 liter/air kelapa 1 liter/bawang merah/bawang putih 1 ons. dan ragi tapai sebanyak 2 buah.

Tutup wadah  dan dibiarkan  selama 2 hari, setelah itu disaring dan ampasnya  diperas, biarkan lagi selama sehari dan lalu diap digunakan.

Dosis : 3 – 4 Gelas Aqua per Tangki semprot, dicampur dengan sabun colek 1 sendok (sabun colek diaduk dulu diluar tangki)

Hasil ramuan dapat disimpan selama 3 minggu.

Ramuan Hayati untuk Penyakit :

Bahannya : 1. Galinggang/Gadung 1 Kg, 2. Kunyit 2,5 ons/Daun sirih  1 Kg, 3. Gambir 10 buah, 4. Jahe 2,5 ons, 5. Mengkudu masak 10 buah.

Cara membuat dan dosisnya sama dengan pembuatan Ramuan Hayati untuk Hama.

Ramuan Hayati, pengganti insektisida dalam memberantas Lepidoptera (ulat-ulatan).

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Bahan : 1. Air Kelapa 35 liter, 2. Bawang Putih 3 Kg digiling, 3. Kapur Bangunan 1 Kg, 4. Deterjen 1 Kg.

Semua bahan difermentasi selama lebih kurang 20 hari, setelah itu dapat digunakan dengan dosis 1 gelas aqua ramuan dicampur dengan 15 liter air.

Ramuan ini dapat disimpan selama lebih kurang 6 bulan.

Selain ramuan tersebut kami juga mendapat informasi pupuk alami yang dibuat dengan menggunakan Urine kambing yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1 : 1.

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved