logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 2.077.970 •

Berbagai Varitas Kedelai

image

Oleh : Nazaruddin Margolang, S.IP., M.Si, Widyaiswara Madya

 

Tanaman kedelai diduga berasal dari Cina, dan publikasi tahun 1673  menyebutkan kedelai pertama di Indonesia terdapat di Amboina (Ambon).   Kedelai (soybean, soya bean ) termasuk famili Leguminosae, subfamili Papilionoideae . Kedelai  terdiri dari tiga sub-genus yaitu (1) Glycine (pengganti Leptocyamus), (2) Bracteata (pengganti Glycine ) dan (3) Soja. Sub-genus soja paling bernilai ekonomis dan terdapat dua spesies yaitu G. ussuriensis dan G.  max .    G. max juga merupakan tanaman semusim, warna bunga putih atau ungu, dan memiliki ragam bentuk dan ukuran untuk karakter daun dan biji.  Terdapat beberapa tipe daun pada kedelai yakni daun tunggal, daun bertiga dan kadang-kadang ditemukan daun berlima.

Tanaman kedelai termasuk tanaman menyerbuk sendiri, artinya dalam satu kelopak bunga terdapat bunga jantan (benangsari) dan bunga betina (putik). Karakteristik tanaman menyerbuk sendiri adalah  semakin lanjut generasinya akan mengakibatkan semakin seragam dan diikuti oleh menurunnya persentase sifat yang tidak seragam.

Varietas unggul merupakan salah satu komponen teknologi  penting untuk meningkatkan produksi dan pendapatan usahatani kedelai. Tersedia berbagai varietas unggul yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi wilayah dan keinginan pasar. Benih yang akan digunakan terdiri dari beberapa kelas. Penggunaan benih yang bermutu menjamin keberhasilan usahatani.

Varitas adalah Sekelompok tanaman dari sutau jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk tanaman, pertumbuhan tanaman, daun, bunga, buah, biji dan ekspresi karakteristik genotipe atau kombinasi genotipe yang dapat membedakan dari jenis atau spesies yang sama oleh sekurang-kurangnya satu sifat yang menentukan dan apabila diperbanyak tidak mengalami perubahan.

Varietas local adalah Varietas yang telah ada dan dibudidayakan secara turun temurun oleh petani serta menjadi milik masyarakat dan dikuasai Negara.

Varietas unggul   adalah Galur hasil pemuliaan yang mempunyai satu atau lebih keunggulan khusus seperti potensi hasil tinggi, tahan hama, penyakit, dan toleran  terhadap cekaman lingkungan, mutu produk, dan  atau sifat-sifat  lainnya, serta telah dilepas oleh pemerintah.

Deskripsi varietas adalah p enjelasan tertulis mengenai proses pemuliaan tanaman sehingga dihasilkan suatu varietas tanaman baru yang mencakup asal-usul atau silsilah, ciri-ciri morfologi dan sifat-sifat penting lainnya.

Benih unggul   adalah Jika yang dimaksudkan adalah untuk menyebut varietas unggul maka penggunaan istilah benih unggul adalah kurang tepat.  Bila digunakan untuk menyebut sifat benih maka sebaiknya menggunakan istilah benih bermutu atau benih bina atau benih bersertifikat

Varietas kedelai yang dilepas 8 tahun terakhir memiliki sifat yang mendekati keinginan pengguna, seperti umur genjah, biji besar, toleran hama, adaptif lahan kering masam dan adaptif lahan pasang surut.

Sasaran pembentukan varietas kedelai saat ini, selain untuk hasil tinggi, juga diarahkan pada toleran hama polong, toleran penaungan, toleran kekeringan, kedelai hitam, umur genjah, adaptif lahan masam berbiji besar, adaptif lahan pasang, toleran virus SSV dan CMMV dan varietas berkandungan nutrisi tinggi.

 

Deskripsi Varitas :

Deskripsi   varitas kedelai dapat dijelaskan sebagaimana berikut ini   :

Anjasmoro


Wilis

Panderman

Burangrang

Ijen

Argomulyo

Tanggamus

 

Daftar Pustaka :

Suhartina, 2005, Deskripsi Varitas Unggul Kacang-Kacangan dan Umbi-umbian, Balai Penelitian Tanaman Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian, Malang.

Yermia, Kuntjoro, Djoko Sumianto, 2011, penyiapan Benih, Bahan Tayang Pelatihan TOT Kedelai, Balai Besar Pelatihan pertanian (BBPP) Ketindan, Malang.

Bahan Training Of Master Training (TOMT) Kedelai, 2011,  Balai Besar Pelatihan pertanian (BBPP) Ketindan, Malang.

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved