logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.803.436 •

Sejarah Penyuluhan Pertanian di Indonesia

image

Bagaimanakah sejarah perkembangan penyuluhan pertanian di Indonesia, sejak kapan dimulainya Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Kalau kita berada pada jaringan yang bersinggungan dengan Pertanian tentunya kita sedikit banyak bersinggungan pula dengan Penyuluhan Pertanian. So ... ada baiknya kita mengetahui bagaimana sejarah perkembangan penyuluhan Pertanian tersebut di Indonesia Bersumber dari Bahan Tayang, Dr. agr. Sri Peni Wastutiningsih, Judul : Handout Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian, yang diperoleh dari Kumpulan File sahabatku yang baik hati : Nunuk Sunu Satwara Winarti, berikut disajikan sejarah Penyuluhan Pertanian di indonesia

selengkapnya...

Enak, Senang atau Bahagia ?

image

Di dunia ini kita menikmati hidup dengan cara yang menurut kita dapat membawa kita kepada sesuatu yang kita sebut bahagia. Lalu apakah bahagia itu, banyak yang sudah mendefinisikan, namun kali ini akan kita bahas dari mana sih datangnya bahagia itu....... Lalu apa kaitannya dengan hidup senang dan atau hidup enak.

selengkapnya...

Bagaimana agar Hidup Menyenangkan .........

Di dunia ini Allah menciptakan sesuatu selalu berpasang-pasangan. Ada kiri ada kanan, ada besar ada kecil, ada sedih ada bahagia, ada baik dan ada jahat. Begitupun dengan orang yang berada di sekitar kita, bila kita kelompokkan secara umum akan terdiri dari dua kelompok, yaitu Kelompok yang suka, senang, cinta kepada kita dan kelompok yang satunya lagi adalah orang yang benci, sinis, dan tidak suka dengan kita. Lalu apa yang harus kita lakukan agar hidup kita selalu menyenangkan............Nah ini dia.......selalulah bergaul dan mendekati orang-orang yang menyukai kita, orang yang menyenangi kita, dan atau orang yang mencintai kita

selengkapnya...

PHSL (Pemupukan Hara Spesifik Lokasi Padi Sawah)

image

Ini merupakan Software (perangkat) penetapan Pupuk Padi sesuai spesifik lokasi yang dibuat bekerja sama antara IRRI dan Badan Litbang Pertanian. Bagaimana mengaksesnya ? (jika melalui situs ini... ) : Pada situs ini (www.pakmargolang.com) terdapat pada panel PEDOMAN lalu di bawahnya terdapat panel DOSIS PUPUK PADI klik panel tersebut lalu ikuti sebagaimana cara penggunaan PHSL berikut ini :

selengkapnya...

Berbagai Varitas Kedelai

image

Varietas unggul merupakan salah satu komponen teknologi penting untuk meningkatkan produksi dan pendapatan usahatani kedelai. Tersedia berbagai varietas unggul yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi wilayah dan keinginan pasar. Benih yang akan digunakan terdiri dari beberapa kelas. Penggunaan benih yang bermutu menjamin keberhasilan usahatani

selengkapnya...

PEMBESARAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KOLAM TERPAL

image

Ikan lele dumbo memiliki prospek yang cukup baik, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penjaja pecel lele di pinggir jalan, di pasar-pasar lokal selalu terdapat penjual lele dumbo yang kapasitas penjualannya lebih banyak dibanding ikan-ikan lain (hasil pengamatan di pasar RS Pekanbaru).

selengkapnya...

Pestisida Hayati / Ramuan Hayati Untuk Hama dan Penyakit

Ramuan Hayati untuk Hama : Bahannya : 1. Daun Pinang/Daun Surian, 2. Daun Sirsak/Daun Pepaya, 3. Sicerek/Sidukung anak/Brotowali, 4. Jariangau, 5. Serai Wangi/Lagundi/Bawang Perai. Masing-masing sebanyak 1 Kg. Cara membuatnya : semua bahan diiris-iris kecil lalu diblender atau ditumbuk, lalu dimasukkan ke dalam wadah yang berukuran 10 Liter, lalu ditambah garam sebanyak 2 genggam. Setelah itu wadah diisi air sampai penuh.

selengkapnya...

SENYUM .. berSENYUM atau diSENYUMi . !?

image

Seharusnya kita berSENYUM bukan tergantung pada apa yang terjadi di lingkungan yang kita hadapi, bukan karena pengaruh lingkungan. Tapi kita berSENYUM tergantunglah pada kita, kita berSENYUM karena memang kita diperintah untuk berSENYUM, kita berSENYUM karena kita orang yang baik, kita berSENYUM karena kita sedang ingin bersedakah SENYUM. Mulai saat ini ... mari kita berSENYUM dengan semua orang yang kita jumpai tanpa memandang dia siapa. Tapi karena memang kita diperintah untuk berSENYUM. Jadi dalam hati kita dengan lantang sanggup berkata : Saya berSENYUM bukan karena kamu orang baik, kamu pangkatnya tinggi Tapi saya berSENYUM karena Saya orang yang baik, dan saya diperintah Allah untuk berSENYUM........ so ini tidak ada urusannya dengan kamu, tapi ini semua adalah urusan saya dengan Allah. Tak perduli kamu kemaren saya ajak SENYUM tidak mau SENYUM, kemaren kamu menyakiti saya, atau kamu itu orang biasa-biasa saja...... Saya akan tetap TerSENYUM bila saya bertemu dengan kamu.

selengkapnya...

Proses Pembuatan Kompos

Proses pembuatan kompos yang dikembangkan adalah melalui 2 cara yaitu : 1. Kompos Dengan Cara Berlapis, 2. Kompos Dengan Cara Campur. Berikut akan dijelaskan bahan dan cara apembuatannya.

selengkapnya...

Pembuatan (MOL) Mikro Organisme Lokal

Mikro organism local (MOL) merupakan upaya menghasilkan bahan organic untuk digunakan dalam pemupukan. MOL yang dibuat dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan KOMPOS. Bahan pembuatan MOL ini ada beberapa macam diantaranya Limbah Hijauan Sayuran/Limbah dapur, rebung bambu, Keong Emas, Limbah Buah-Buahan. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

selengkapnya...

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 »

Copyright © 2017 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved