logo
Selamat Datang
image

Pengembangan Masyarakat (BAKAT)


Website Resmi Yayasan Bakat

Infaq/Sumbangan/Amal ke :
No. Rek. 5510-01-020416-53-6
an. Yayasan Bakat
BRI Unit Marpoyan

Tulisan/Artikel ke :
nmargolang@yahoo.com
Buat Website Anda !!! : Hanya Rp. 1000,-/hari

Cek Nama Domain ?

BUAT UANG PENGELUARAN RUTIN ANDA JADI UANG MASUK ANDA

 

FASILITATOR PEM 

AHLI TANI

IKA SPMA RIAU

RUMAH AGRIBISNIS

 

Harga estimasi
• Rp 1.803.436 •

SENYUM .. berSENYUM atau diSENYUMi . !?

image

Seharusnya kita berSENYUM bukan tergantung pada apa yang terjadi di lingkungan yang kita hadapi, bukan karena pengaruh lingkungan. Tapi kita berSENYUM tergantunglah pada kita, kita berSENYUM karena memang kita diperintah untuk berSENYUM, kita berSENYUM karena kita orang yang baik, kita berSENYUM karena kita sedang ingin bersedakah SENYUM. Mulai saat ini ... mari kita berSENYUM dengan semua orang yang kita jumpai tanpa memandang dia siapa. Tapi karena memang kita diperintah untuk berSENYUM. Jadi dalam hati kita dengan lantang sanggup berkata : Saya berSENYUM bukan karena kamu orang baik, kamu pangkatnya tinggi Tapi saya berSENYUM karena Saya orang yang baik, dan saya diperintah Allah untuk berSENYUM........ so ini tidak ada urusannya dengan kamu, tapi ini semua adalah urusan saya dengan Allah. Tak perduli kamu kemaren saya ajak SENYUM tidak mau SENYUM, kemaren kamu menyakiti saya, atau kamu itu orang biasa-biasa saja...... Saya akan tetap TerSENYUM bila saya bertemu dengan kamu.

selengkapnya...

Proses Pembuatan Kompos

Proses pembuatan kompos yang dikembangkan adalah melalui 2 cara yaitu : 1. Kompos Dengan Cara Berlapis, 2. Kompos Dengan Cara Campur. Berikut akan dijelaskan bahan dan cara apembuatannya.

selengkapnya...

Pembuatan (MOL) Mikro Organisme Lokal

Mikro organism local (MOL) merupakan upaya menghasilkan bahan organic untuk digunakan dalam pemupukan. MOL yang dibuat dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan KOMPOS. Bahan pembuatan MOL ini ada beberapa macam diantaranya Limbah Hijauan Sayuran/Limbah dapur, rebung bambu, Keong Emas, Limbah Buah-Buahan. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

selengkapnya...

PEMBUKUAN KEUANGAN GAPOKTAN PUAP

image

Gapoktan (gabungan Kelompok Tani) merupakan lembaga di pedesaan yang merupakan gabungan dari Kelompok-Kelompok Tani. Saat ini pemerintah melalui PUAP meluncurkan dana yang lumayan banyak untuk Petani melalui GAPOKTAN ini. Dana yang di hibahkan ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi petani miskin yang ada di pedesaan, oleh sebab itu proses pengadministrasian kegiatan yang mendapat dukungan dana tersebut perlu diilakukan sebaik mungkin agar sumber dana yang tersedia dapat bermanfaaat secara maksimal.

selengkapnya...

PEMBUKUAN Usaha Pelayanan Jasa Alat Dan Mesin Pertanian (UPJA)

image

Pembukuan tidak kalah pentingnya dalam manajemen/pengurusan Lembaga UPJA Sebab dengan adanya pembukuan yang baik tersebut segala kegiatan mudah diketahui dan pada waktu tertentu dapat digunakan sebagai bahan untuk merencanakan kegiatan serta menyusun strategi pengembangan UPJA yang akan datang. UPJA yang baik harus didukung dengan buku-buku catatan yang lengkap dan diisi dengan benar, tertib, teratur dan bermanfaat.

selengkapnya...

Teknik Mendinamisasikan Kelompok

image

Upaya mencapai kondisi Dinamika Kelompok dapat dilakukan dengan berbagai cara, banyak variable yang harus dipenuhi agar kondisi dinamis dapat dicapai. Disini akan dicoba mengemukakan lima variable yang harus selalu menjadi focus dalam perbaikan kelompok. Ke lima variable tersebut untuk memudahkan dalam mengingatnya disusun dalam satu rumusan (formula) sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat dan mudah untuk dilaksanakan,

selengkapnya...

ORGANISASI DAN MANAJEMEN (Usaha Pelayanan Jasa Alat Dan Mesin Pertanian (UPJA)

image

Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian yang selanjutnya disebut UPJA adalah suatu lembaga ekonomi perdesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alat dan mesin pertanian untuk mendapatkan keuntungan usaha baik di dalam maupun di luar kelompok tani/gapoktan.

selengkapnya...

Pola Tanam ala Purwo Farm

image

Yang menarik dari usahatani di Purwo Farm ini adalah pola tumpang gilir yang dilaksanakan untuk tanaman Cabe, Kacang Panjang, mentimun, dan Jagung. Kegiatannya dimulai dengan pengolahan tanah yang dilaksanakan dengan mini traktor sekaligus mencampur pupuk kandang ayam dalam bedengan yang lebarnya lebih kurang 1 m. Untuk luas lahan 0,75 Ha diberikan 4 Truk Pupuk Kandang. Dosis ini memang terbilang tinggi namun dengan teknik ini pupuk kandang yang dilakukan hanya sekali saja untuk semua tanaman yang digilirkan.

selengkapnya...

Mengapa Perlu Dinamika Kelompok...?

image

Pantaskah kita menjadi bangsa yang miskin padahal kita hidup di alam yang kaya raya, sesungguhnya TIDAK PANTAS, lalu pertanyaan selanjutnya pantaskah kita menikmati semua yang ada disekeliling kita yang seharusnya menjadi milik kita itu, dengan kondisi pribadi dan pola pikir masyarakat kita yang ada sekarang ini ....? Seandainya kita tidak dapat berhubungan dengan dunia luar, dan orang bangsa lain tidak ada lagi yang hidup di negeri ini kecuali Bangsa kita....masihkah kekayaan alam itu dapat dimanfaatkan..... Atau malah terlantar atau menjadi musnah oleh ketidakmampuan kita dalam mengelolanya ? Oleh sebab itu menjadi suatu yang sangat mendesak kita lakukan saat ini adalah membuat diri kita PANTAS untuk menjadi Manusia yang SUKSES.

selengkapnya...

Bersama Pak Gito Sang Pemimpin Kelompok Tani

image

Usaha yang dilakukan oleh Pak Gito dan kawan-kawan ini cukup berhasil sehingga banyak mendapat sorotan dari pihak luar termasuk Kelompok Tani ini pernah bekerja sama dengan JICA, Informasi Pak Gito pendamping dari Jepang dalam kegiatannya pernah berekspresi keheranan ( LEGEG katanya dengan logat Jawa) dengan keberhasilan usahatani disini .......koq bisa ya....... demikian ungkapnya.

selengkapnya...

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »

Copyright © 2018 www.pakmargolang.com · All Rights Reserved